09 Desember 2009

depresi tidak meningkatkan peluang kesuksesan.

ketika berada dalam keadaan dimana kita hanya bisa menunggu hasil penilaian dari usaha/pekerjaan kita, kita tentu akan merasa tertekan, depresi ataupun cemas. Pada beberapa situasi, hal ini dapat mengggangu aktivitas rutin kita, makan, tidur, istirahat, belajar, dll. Semangat menurun, hidup tidak produktif, hari-hari mendera hati dan pikiran yang senantiasa berdebar. Kita bisa tidak tenang dibuatnya.

Namun, ketika dipikir kembali, apa hal ini akan mempengaruhi hasil pekerjaan kita ? APa dengan keadaan ini, hasil penilaian kita akan menjadi baik? Apa akan membuat kita mempersiapkan hidup lebih baik?

TIdak.

Sekali lagi, TIDAK.

Depresi, dari stres yang berlebih hanya akan merugikan kita sendiri. Bila hasil usaha kita baik, tenaga kita habis terforsir karena memikirkannya saja. Bila hasil usaha kita tsb kurang baik, kita malah akan jatuh lebih dalam.

'TApi hasilnya itu berpengaruh besar terhadap hidupku, EKA!', ujarnya.

Setiap pilihan hidup itu pasti punya pengaruh pada hidup kita masing2. Besar kecilnya tergantung pada kita sendiri. Kita memang harus siap pada masing2 konsekuensinya.

Stres yang baik akan memberi kita kesempatan untuk berbicara pada kita. Berdiskusi pada diri kita sendiri. 'Bagaimana jika gagal?', 'Bagaimana jika begini?', atau 'Bagaimana jika begitu?' dan lain2..

Janganlah mulai jawaban2 pertanyaan tersebut dengan "ah", "aduh", "coba saja..", bahkan dengan umpatan2. Bayangkanlah jawaban2 yang singkat, mudah, ringkas sedemikian hingga kita dapat bangkit dari kegagalan. Mulailah dengan jawaban2 positif, "saya pasti bisa", "Saya akan melakukan ini dan itu jika hasilnya kurang baik" dan bermacam-macam lagi.

Stres yang demikian dapat membuat kita lebih tenang dalam menjalani hari2 yang tidak menentu bagi mereka yang menjalaninya.

Jika depresi masih membelit, mintalah Tuhan untuk menjadikan diri kita lebih kuat dari depresi yang melanda. Minta IA menggandengmu dalam hidup. Dan berterimakasihlah padaNya bila depresi itu telah lewat.

Bagaimana dengan Anda?

1 komentar:

  1. Berkah Bumi Mataram akan senantiasa hadir bagi mereka yang mau berusaha. Jangan bandingkan dengan orang lain. Mulailah untuk mengeja diri kita sendiri.

    BalasHapus